10 Misteri Di Indonesia Yang Membuat Penasaran Banyak Orang Di Dunia

6. Manusia “Hobbit”

Misteri Di Indonesia

Gua Liang Bua via news.viva.co.id

Pada tahun 2003, peneliti Indonesia dan Australia yang melakukan ekskavasi di gua batu kapur Liang Bua menemukan fosil tenggorak manusia kecil. Walaupun kecil, tapi tenggorak tersebut mempunyai susunan gigi orang dewasa.

Tulang yang sudah membatu ini diyakini berumur 180 ribu tahun. Mike Morwood dari University of Wollongong mengatakan tengkorak ini bukanlah anak kecil tapi sosok dewasa bertubuh mini, salah satu hominid atau manusia terkecil.

Fosil lainnya juga ditemukan di ekskavasi dan di identifikasi sebagai species hominid yang disebut Homo Floresiensis. Sejak penemuan tersebut, para peneliti berusaha menguak misteri asal usulnya.

Pada tahun 2010, para ilmuwan berhasil mengungkapkan, peralatan batu yang ditemukan di Flores menunjukan bahwa nenek moyang manusia mini tersebut tinggal di daerah itu sekitar 1 juta tahun yang lalu.

Sempat juga diduga nenek moyang manusia mini tersebut adalah Homo Erectus yang langsung menimbulkan perdepatan sengit tentang masalah dalam rantai evolusi manusia.

Seperti yang kita ketahui fosil Homo Erectus di temukan di Sangiran, Begawan Solo di Jawa Tengah pada abad ke 19 yang diperkirakan berusia 1.5 tahun yang lalu.
Belakangan juga, seperti dikutip dari LiveScience, para ahli berhasil menemukan peralatan dari batu yang diyakini berasal dari masa 118 ribu – 194 ribu tahun lalu. Peralatan ini diperkirakan milik kerabat misterius manusia. Tapi, bukan Homo erectus atau Homo floresiensis. Keduanya berbeda, kemungkinan nenek moyang manusia hobbit.

“Mungkin ada spesies hominid yang sama sekali berbeda di Sulawesi sebelum manusia modern datang menggunakan perahu sekitar 50 ribu tahun lalu,” kata pemimpin studi, Gerrit van den Bergh, dari University of Wollongong, Australia, seperti dimuat LiveScience 13 Januari 2016.

7. Segitiga Masalembo

Misteri Di Indonesia

Segitiga Masalembo via youtube.com

Apabila kamu mengira bahwa wilayah yang dikenal dengan sebutan segitiga setan cuma ada satu di dunia yaitu Segitiga Bermuda, maka kamu salah, karena Indonesia pun memiliki segitiga setan yaitu Segitiga Masalembo yang terletak di antara pulau Bawean, Kota Majene dan Kepulauan Tengah.

Dinamakan segitiga setan asal Indonesia karena banyak insiden mengerikan yang terjadi di wilayah tersebut seperti yang terjadi pada tahun 1981, dimana sebuah kapal KM Tampomas II tenggelam dan masih banyak lagi insiden lainnya.

Walaupun banyak orang yang percaya bahwa wilayah ini memiliki aura mistis atau tempat tinggal makhluk halus, tapi banyak juga ahli yang mengemukakan pendapatnya bahwa faktor alam yang menyebabkan insiden tersbut. Misalnya arus bertipe monsoonal strem yang bertemu dengan arus thermiklik.

Selain itu, arus kencang yang bisa mencapai 15 juta meter kubik perdetik yang dapat menghasilkan tekanan udara secara tiba-tiba yang sering terjadi membuat kapal atau pesawat sering mengalami gangguan dan akhirnya celaka.

Bahkan, para ahli menampik bahwa di wilayah Segitiga Masalembo memiliki medan magnet kuat karna pada dasarnya Indonesia memiliki total intensitas deklinasi dan iklinasi yang sangat rendah.

Baca juga: 5 Misteri Menara Saidah Di Jakarta Yang Bisa Membuatmu Merinding

8. Lukisan Di Gua Kontilola

Misteri Di Indonesia

Lukisan Di Gua Kontilola via travel.detik.com

Berpindah ke daerah ujung timur Indonesia, tepatnya di Lembah Baliem, Wamena, Papua, ada sebuah gua yang mempunyai sejuta daya tarik, yaitu Gua Kontilola. Di dalam gua tersebut selain terdapat banyak kelelawar, juga ada sebuah ceruk yang membentuk mirip aula raksasa yang ditumbuhi tanaman lebat seperti hutan tapi dalam gua.

Selain itu, disini ada juga sungai bawah tanah yang tidak bisa dikunjungi tanpa peralatan yang memadai. Ada juga lukisan seperti orang manusia berdiri dan diperkirakan berumur ribuan tahun di dinding-dinding gua tersebut. Tapi yang membuat lukisan tersebut menarik sekaligus misterius yaitu posisinya terletak di di bagian-bagian tinggi di dalam gua tersebut.

Secara logika, di zaman purba, tentunya tidak mungkin ada manusia yang dapat memanjat dinding gua lalu kemudian melukis di sana tanpa menggunakan peralatan yang memadai. Menurut pemandu Gua Kontilola, lukisan-lukisan tersebut bukan dibuat oleh manusia karena warga sekitar mempercayainya bahwa hal itu dibuat oleh orang-orang dari luar bumi yang datang ke tempat tersebut.

Tapi, penjelasan paling ilmiah sampai sekarang ini yaitu lukisan tersebut dibuat oleh manusia purba yang tinggal di Lembah Baliem, tapi tidak menjelaskan bagaimana orang purba tersebut berhasil memanjat dinding gua yang tinggi tanpa peralatan yang memadai.

9. “Benteng” raksasa di dasar laut Papua

Misteri Di Indonesia

Bentang Raksasa di Laut Papua via kaskus.co.id

Masih di Papua, kali tentang tembok raksasa yang mirip sebuah benteng di dasar laut Papua.Tepatnya di lepas pantau utara Papua. Tembok tersebut diperkirakan mempunyai panjang kurang lebih 110 km dengan tinggi sekitar 1.860 meter dan lebar 2.700 meter dan mempunyai bentuk yang lurus sempurna.

Untuk melihatnya dapat menggunakan Google Map dengan koordinat 1°59’46.9”S dan 141°29’24.6239”E. Tapi sayang, pada tahun 2012 lalu, pihak Google menghilangkan gambar tersebut mulai bulan Januari 2012 lalu tanpa alasan.

Memang tidak ada penjelasan apapun atau penelitian lebih lanjut untuk menguak misteri tembok atau benteng raksasa di Papua ini, tapi jika dipikir secara kasar, dahulu kala sebelum zaman es mencair, daratan di bumi rata-rata masih menjadi satu.

Bahkan dulunya, dipercaya pulau Papua dan Australia menjadi satu daratan. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya beberapa flora dan fauna yang mirip dari kedua pulau tersebut. Kemungkinan saat masih menjadi satu daratan inilah, ada pihak yang sengaja membangun struktuk tersebut dengan tujuan tertentu.

Setelah zaman es mencair, banyak daratan di seluruh dunia terpecah dan terbagi menjadi lebih kecil lagi. Dari sinilah, kemungkinan bahwa bangunan tersebut juga tenggelam ke dasar laut karena efek es mencair.

10. Misteri Suku Lingon Di Halmahera

Misteri Di Indonesia

Suku Lingon via okezone.com

Jauh sebelum Bangsa Indonesia mereka, ada satu suku unik di Halmahera Selatan, yaitu suku Lingon. Suku ini mempunyai keunikan jika dibanding dengan mayoritas suku yang ada di Indonesia yaitu berkulit putih, tubuh besar, rambut pirang dan bermata biru seperti orang eropa.

Walaupun asal usul suku Lingon ini belum diketahui sampai sekarang, tapi ada dugaan bahwa para penduduk di suku ini berasal dari daratan Eropa yang menuju ke daerah lain. Tapi, ditengah perjalanan kapal yang membawa mereka karam yang membuat mereka tidak bisa kembali ke daerah asalnya dan kemudian menetap di Halmahera.

Disebabkan tidak lagi bisa mengakses ke dunia luar, hingga suku Lingon menjadi sangat primitif yang akhirnya menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Bahkan kabarnya suku ini termasuk suku yang berbahaya.

Karena dianggap berbahaya inilah maka banyak warga sekitar pesisir yang terus memburu bahkan membunuh orang dari suku Lingon ini.

Hingga kini keberadaan suku ini masih misterius dan belum pernah ditemukan beradaannya. Ada yang mengatakan bahwa suku ini sudah punah dan ada yang juga masih percaya bahwa suku ini masih ada tersembunyi di dalam hutan.

Baca juga: 4 Kisah Misteri Gunung Gede Pangrango Yang Dialami Para Pendaki

Loading...

Add Comment