Inilah 13 Film Tentang Perjuangan Indonesia Dalam Meraih Kemerdekaan!!

10. Sang Kiai (2013)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Sang Kiai

Selain film berjudul Sang Pencerah, ada satu lagi film tentang perjuangan Indonesia yang dibalut dengan unsur Islami yaitu Sang Kiai. Film yang rilis pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Rako Prijanto, dan dibintangi oleh Adipati Dolken.

Film ini menceritakan tentang perjuangan pendiri Nahdatul Ulama yaitu Kiai Haji Hasyim Asy’ari pada masa penjajahan Jepang yang dianggapnya sudah menodai aqidah ajaran agama Islam saat itu.

Dimana, pada masa penjajahan Jepang, warga pribumi diharuskan melakukan seikerei yaitu harus menghormati matahari. Nah, dari sinilah perjuangan Sang Kiai dimulai dalam upayanya mencegah paham dan ajaran Jepang tersebut.

11. Lasjkar di Tapal Batas (2016)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Lasjkar di Tapal Batas

Film Lasjkar di Tapal Batas termasuk film tentang perjuangan Indonesia melawan penjajah terbaru yakni baru rilis pada tahun 2016 lalu. Film ini disutradarai oleh Bayu Prayogo, dan dibintangi oleh Tere Gunawan, Sonia Selvans, Pong Hajatmo dan Gorz Kurniawan.

Film ini bercerita tentang sekelompok orang yang tergabung dalam ” Laskar rakyat “ di tapal batas untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Agresi Militer Belanda 2 pada tahun 1948.

Cerita di film ini berpusat kepada seseorang bernama Tidjan yang sejak kecil tidak suka dengan Belanda. Saat terjadi Agresi Militer Belanda II, dia pun ikut berperang melawan Belanda yang mencoba menduduki kembali Indonesia.

12. Laskar Pemimpi (2010)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Laskar Pemimpi

Kalau kamu mencari film tentang perjuangan Indonesia melawan penjajah yang dibalut unsur komedi, maka film berjudul ” Laskar Pemimpi ” yang rilis pada tahun 2010 ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu tonton.

Film yang disutradarai oleh Monty Tiwa ini bersetting saat terjadinya Agresi Militer Belanda 2. Ceritanya sendiri berpusat kepada kelompok gerilya yang melakukan perjalanan untuk menyelamatkan dua anggota mereka yang berhasil ditangkap Belanda.

13. kartini (2017)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

kartini

Yang terakhir yaitu film Kartini. Film yang rilis pada tanggal 19 April 2017 ini juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, dan Reza Rahadian.

Film ini bercerita tentang perjuangan Kartini yaitu salah satu pahlawan wanita paling populer di Indonesia. Kartini memperjuangkan kesetaraan antara kaum laki-laki dan kaum wanita pada awal tahun 1900-an.

Karena pada masa itu, wanita tidak diperbolehkan berpendidikan tinggi, termasuk juga kaum wanita dari golongan ningrat atau bangsawan yang diharapkan hanya menjadi seorang Raden Ayu.

Nah, itulah beberapa film tentang perjuangan Indonesia. Semoga film-film ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme pemuda-pemuda Indonesia dan makin cinta dengan NKRI.

Loading...

Add Comment