Inilah 20 Buah Unik Hasil Persilangan! Rasanya Sungguh Tak Disangka!!

13. Pluots – Perkawinan Antara Buah Plum dan Buah Apricot

Buah Unik Hasil Persilangan

Pluots via wikimedia.org

Pluots adalah buah unik hasil persilangan antara buah Plum dengan buah Apricot. Buah ini terkenal dengan teksturnya yang sangat lembut, memiliki rasa yang sangat manis, dan kandungan vitamin C sangat tinggi.

Selain itu, buah Pluots juga mengandung lycopene yang antioksidan, lutein, potassium, dan anthocyanins. Buah ini juga termasuk salah satu buah yang tidak memiliki natrium, yaitu sejenis zat yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh manusia.

14. Yuzu – Buah Jeruk Yang Memiliki Perpaduan 3 Rasa

Buah Unik Hasil Persilangan

Yuzu via wikimedia.org

Nama buah ini mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya, di negara asalnya yaitu Jepang, buah cukup dikenal, terutama di kalangan para koki-koki di Jepang. Tapi sayang, buah ini termasuk salah satu buah langka di dunia.

Bisa dikatakan, buah Yuzu ini merupakan salah satu buah unik hasil persilangan yang terjadi secara alami. Buah Yuzu memiliki rasa seperti perpaduan antara buah Lemon, buah Anggur, dan Jeruk Mandarin.

Selain itu, kabarnya kandungan vitamin C dalam buah ini juga dikatakan lebih besar dari buah Lemon. Sayangnya, karena termasuk buah langka di dunia, maka harga untuk membeli buah ini cukup mahal.

15. Pineberry – Buah Berri Rasa Nanas

Buah Unik Hasil Persilangan

Pineberry via wikimedia.org

Sebelumnya sudah ada buah Nanas yang memiliki seperti Kelapa dan tanpa rasa asam. Nah, sekarang ada buah Berri yang memiliki rasa seperti buah Nanas yaitu Pineberry. Nama ini diambil dari nama buah Nanas (Pineapple) dan buah Berry.

Pineberry adalah salah satu buah unik hasil persilangan dengan cara varietas paling tua di dunia, jadi buah Berri dengan rasa buah Nanas ini sudah ada sejak lama. Tapi sayang, namanya semakin tenggelam setelah buah berry lainnya seperti Strawberry, Blackberry, dan Blueberry semakin populer di dunia.

16. Black Sapote – Cokelat Didalam Buah

Buah Unik Hasil Persilangan

Black Sapote via wikimedia.org

Black Sapote ini memang bukan buah hasil persilangan seperti buah lainnya diatas, tapi rasa yang dimiliki buah ini cukup unik yaitu seperti pudding cokelat, sehingga pantas dimasukan ke daftar buah unik ini.

Black Sapote ini masih bersaudara dengan buah Sawo dan buah Kesemek. Selain dikenal dengan nama Black Sapote, buah ini juga dikenal dengan nama ” Diospyros diygna “, ” Chocolate Pudding Frui “ atau ” Chocolate Persimmon “.

Walaupun awalnya buah ini banyak ditemukan di negara Amerika Tengah dan Meksiko, tapi kini, buah rasa pudding cokelat ini banyak dikembangkan di kawasan Florida di Amerika Serikat, negara Filipina, dan negara Australia.

17. Bubbleberry – Buah Berry Rasa Permen Karet

Buah Unik Hasil Persilangan

Bubbleberry via food.detik.com

Sekilas buah ini seperti buah Strawberry pada umumnya dengan bentuk kecil dan berwarna merah. Tapi siapa yang sangka, kalau buah yang bernama latin ” Fragaria moschata “ ini memiliki rasa unik seperti permen karet.

Selain itu, aroma buah Bubbleberry juga unik yaitu perpaduan antara buah Nanas, Raspberry, dan Strawberry. Sama seperti buah Black Sapote, Buah Bubbleberry juga bukan buah hasil persilangan seperti buah lainnya diatas.

18. Jerpaya – Buah Jeruk Pepaya Asli Indonesia

Buah Unik Hasil Persilangan

Jerpaya via kompasiana.com

Jerpaya adalah salah satu buah unik asli Indonesia, yang merupakan perpaduan antara buah Jeruk dan Buah Pepaya, makanya diberi nama Jerpaya. Dimana, kulit dan isinya seperti buah Jeruk, tapi daging buahnya seperti Pepaya berwarna Putih. Tapi konon katanya, buah yang memiliki rasa seperti buah Jeruk ini bisa mengobati berbagai penyakit.

19. Nonasri – Buah Unik Mirip Buah Srikaya

Penampilan buah ini sekilas mirip seperti buah Srikaya, baik bentol-bentol dikulitnya, permukaan kulitnya, atau tekstur dagingnya. Bedanya buah Nonasri ini berwarna merah tua,sedangkan Srikaya pada umumnya berwarna hijau.

Sama seperti buah Black Sapote dan buah Bubbleberry, buah Nonasri ini juga bukan hasil persilangan, ukurannya cukup besar, tapi uniknya buah ini tidak terlalu banyak bijinya, berbeda dengan buah Srikaya yang dikenal memiliki banyak biji.

20. Tomtato – Tomat dan Kentang Yang Berasal Dari Satu Pohon

Buah Unik Hasil Persilangan

Tomtato via wikimedia.org

Ada satu lagi jenis tamanan dan buah yang layak masuk ke daftar ini, yaitu Tomtato. Jenis tanaman dan buah ini sangat unik sekali, sebab ada dua jenis buah yaitu buah Tomat dan buah Kentang yang berasal dari pohon yang sama.

Jadi, Tomtato adalah tanaman yang menghasilkan dua jenis buah yang berbeda, dimana dibagian atasnya menghasil buah tomat berwarna merah, sedangkan dibagian bawah atau akarnya menghasilkan kentang.

Tomtato juga bukan buah unik hasil persilangan, melainkan hasil dari teknik reproduksi buatan, yaitu mencangkok, menyambung, atau mengenten. Jenis tanaman ini banyak ditemukan di negara Inggris.

Nah itulah beberapa buah unik hasil persilangan yang memiliki rasa sungguh tak disangka. Bagaimana mau mencicipinya?

Loading...

Add Comment