Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Yang Harus Kamu Ketahui!!

Pulau terindah di Kepulauan Seribu berikut ini harus kamu ketahui, khususnya buat kamu yang berdomisili di Kota Jakarta dan sekitarnya. Kenapa? Karena pulau-pulau cantik ini hanya berjarak sekitar 45 km saja ke utara Kota Jakarta.

Sehingga, kepulauan yang terdiri dari 110 pulau-pulau kecil ini, bisa kamu jadikan sebagai salah satu tujuan wisata alam alternatif, terutama buat kamu yang memang tidak memiliki banyak waktu untuk liburan.

Selain itu, ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di kepulauan seribu, mulai dari berkunjung ke beberapa pantainya, sampai snorkeling, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja pulau terindah di Kepulauan Seribu tersebut? Berikut ulasannya

Inilah Beberapa Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Yang Harus Kamu Ketahui

#1. Pulau Tidung

Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Tidung
Pulau terindah di Kepulau Seribu yang harus kamu ketahui pertama yaitu Pulau Tidung. Pulau ini terkenal dengan sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, yakni Jembatan Cinta.

Pulau Tidung Besar adalah salah satu pulau yang berpenghuni di Kepulauan Seribu, sehingga fasilitas umum seperti mushola, warung makan, kantor polisi, dan lain sebagainya sangat mudah ditemukan di pulau ini.

Kalau Pulau Tidung Kecil difungsukan sebagai tempat untuk mengembangbiakan pohon mangrove. Ada beberapa objek wisata yang dikunjungi di pulau ini, mulai pantai yang indah hingga taman nasional bawah laut.

BACA JUGA: 7+ (Coffee Shop) Tempat Ngopi di Rawamangun Yang Asik Buat Ngumpul!!

#2. Pulau Semak Daun

Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Semak Daun
Pulau terindah di Kepulauan Seribu yang harus kamu ketahui berikutnya yaitu Pulau Semak Daun. Sesuai dengan namanya, Pulau Semak Daun ini banyak ditumbuhi pohon-pohon rimbun, dan semak-semak.

Pulau ini memiliki pantai yang landai, berpasir putih bersih, dan lembut. Selain itu, Pulau Semak Daun ini juga cukup dekat dengan beberapa lokasi terbaik untuk snorkeling dan diving di Kepulauan Seribu.

Hanya saja, Pulau Semak Daun adalah salah satu pulau tak berpenghuni di Kepulauan Seribu, sehingga belum ada penginapan di pulau ini. Satu-satunya pilihan untuk bermalam di pulau ini adalah camping atau berkemah.

#3. Pulau Bira

Pulau Bira adalah salah satu pulau yang jarang dikunjungi wisatawan di Kepulauan Seribu, karena lokasinya yang cukup jauh, diperlukan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke.

Itupun masih harus transit lagi di Pulau Pramuka dengan mengunakan perahu nelayan sekitar 2 jam perjalanan. Namun perjalanan yang melelahkan tersebut tidak akan sia-sia, karena suasana pulau ini benar-benar alami.

Disamping itu, pulau ini juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang mempesona. Tapi harus hati-hati ketika menjelajahi keindahan pulau ini, karena kabarnya banyak bulu babi di sekitar Pulau Bira ini.

#4. Pulau Pari

Pulau Pari ini berada tidak jauh dari Pulau Tidung, atau kalau dari Marina Ancol diperlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Pulau ini memiliki tiga objek wisata yang menarik dikunjungi, yaitu Dermaga Bukit Matahari, Pantai LIPI, dan Pantai Perawan.

Selain tiga objek wisata tersebut, para pengunjung juga bisa menyelajahi pulau ini dengan mengunakan sepeda, menikmati sunrise, snorkeling, atau menyusuri pinggiran pantai mengunakan sampan atau perahu.

Hanya saja, penginapan di pulau ini sangat terbatas, hal ini dilakukan untuk menghindari tingkat pencemaran lingkungan. Jadi, jika kamu berencana liburan ke Pulau Pari, pastikan sudah melakukan boking 2 minggu sebelumnya.

#5. Pulau Ayer

Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Ayer
Pesona utama dari Pulau Ayer adalah beberapa cottage bergaya khas papua yang berada diatas laut. Makanya, banyak wisatawan yang mengatakan, berada di Pulau Ayer ini terasa berada di Raja Ampat.

Pulau ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak tahun 50-an, bahkan bapak proklamator bangsa Indonesia, yaitu Ir. Soekarno juga sering menjadi Pulau Ayer ini sebagai tujuan wisatanya pada waktu itu.

Jadi tidak heran jika pulau ini dijuluki " mutiata hitam " di Kepulauan Seribu. Selain itu, Pulau Ayer juga termasuk salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang cukup dekat dengan Kota Jakarta, yaitu sekitar 14 km dari Marina Ancol.

#6. Pulau Bidadari

Pulau terindah di Kepulauan Seribu yang harus kamu diketahui berikutnya yaitu Pulau Bidadari. Pulau ini juga cukup dekat dengan Kota Jakarta, yaitu sekitar 15 km saja, bahkan gedung-gedung tinggi di Kota Jakarta masih bisa dilihat dari pulau ini.

Pulau Bidadari juga memiliki catatan sejarah yang cukup penting bagi Indonesia, hal ini bisa dilihat dari adanya Benteng Martello, yaitu sebuah benteng pertahanan bekas milik belanda yang masih berdiri kokoh di pulau ini.

Dan salah satu daya tarik utama dari pulau ini, yaitu pemandangan pantainya yang indah dengan pepohonan hijau. Selain itu, para pengunjung juga bisa menyewa resort terapung yang memang terkenal di pulau ini.

#7. Pulau Sepa

Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Sepa
Walaupun namanya tidak sepopuler seperti Pulau Tidung, namun keindahan Pulau Sepa bisa dijadikan sebagai tujuan wisata alam atlernatif jika pulau-pulau populer di Kepulauan Seribu sedang ramai dikunjungi.

Pulau Sepa dikenal sebagai salah satu pulau resort di Kepulauan Seribu, yang sangat terkenal dengan keindahan pantainya berpasir putih bersih. Selain itu, Pulau Sepa juga cukup terkenal dengan pemandangan bawah lautnya.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di pulau ini, mulai dari berjemur di pantainya, snorkeling dan diving untuk melihat pemandangan bawah lautnya, atau bisa juga jetsking, dan lain sebagainya.

#8. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka adalah salah satu pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu, jadi segala fasilitas-fasilitas umum seperti rumah sakit, warung makan, penginapan, mushola, dan lain sebagainya ada di pulau ini.

Ada dua hal yang bisa kamu dapatkan jika pergi berwisata ke pulau ini, yakni kesenangan dan ilmu pengetahuan. 

Karena selain mempunyai pantai yang indah, dan pemandangan bawah laut yang menggagumkan, Pulau Pramuka juga menjadi salah satu tempat pelestarian penyu sisik.

#9. Pulau Pelangi

Selain Pulau Bira, ada satu lagi pulau di Kepulauan Seribu yang juga jarang dikunjungi wisatawan, yaitu Pulau Pelangi. Walaupun sebenarnya, pulau ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup baik untuk liburan.

Mulai dari beberapa Bungalow, rumah makan terapung, hingga beberapa toko peralatan-peralatan olahraga air ada di pulau ini. Selain itu, karena jarang dikunjungi, sehingga pantai dan alamnya masih sangat alami.

#10. Pulau Putri

Pulau terindah di Kepulauan Seribu yang harus kamu ketahui berikutnya yaitu Pulau Putri. Pulau ini juga cukup dekat dari Kota Jakarta, yaitu kurang lebih sekitar 90 menit perjalanan dari Marina Ancol.

Ada beberapa objek wisata yang menarik dikunjungi di pulau ini seperti Under The Sea Aquarium, kolam renang, lapangan tenis, dan lain sebagainya. Di Pulau Putri juga terdapat beberapa cottage untuk menginap.

#11. Pulau Harapan

Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Harapan
Kalau pulau yang satu ini sangat terkenal dengan keindahaan terumbu karangnya, jadi tidak mengherankan apabila banyak para pencinta bawah laut senang berlama-lama berada di Pulau Harapan ini.

Keindahan pesisir pantainya juga sangat indah. Selain itu, di pulau ini juga terdapat tempat penangkaran Elang Bondol, yaitu salah satu jenis elang langka di Indonesia, yang kelestariannya memang dijaga.

Buat kamu yang ingin menikmati indahnya malam di Pulau Harapan ini, kamu bisa menyewa sebuah Homestay, yang lokasinya tidak begitu jauh dari dermaga. Biasanya, Homestay di pulau ini terdiri dari 2 kamar, yang bisa menampung 10 - 12 orang.

#12. Pulau Pantara

Pulau Seribu Marine atau lebih dikenal dengan nama Pulau Pantara adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu, yang cukup dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk snorkeling dan diving di Kepulauan Seribu.

Bukan hanya snorkeling dan diving saja, para pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya, mulai dari berenang, banana boat, jetsky, dan lain sebagainya. Selain itu, tersedia juga beberapa cottage untuk menginap.

#13. Pulau Kotok

Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Kotok
Kalau kamu sedang mencari sebuah pulau di Kepulauan Seribu yang masih asri dan sepi pengunjung? Kamu bisa mengunjungi Pulau Kotok, yang memiliki vegetasi pantai yang masih asli dan asri.

Hanya saja, di pulau ini tidak disediakan wahana-wahana seperti banana boat, jetski, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian pulau ini. Namun para pengunjung tetap bisa snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah lautnya.

#14. Pulau Macan

Pulau Terindah di Kepulauan Seribu
Pulau Macan
Pulau terindah di Kepulauan Seribu yang harus kamu ketahui berikutnya yaitu Pulau Macan. Pulau Macan terdiri dari 2 pulau yang saling berdekatan satu sama lain, yaitu Pulau Macan Besar, dan Pulau Macan Kecil.

Apabila air laut sedang surut, kedua pulau tersebut bisa saling dikunjungi dengan berjalan kaki. Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di pulau ini seperti diving, snorkeling, surfing, dan lainnya.

Disamping itu, di Pulau Macan juga sudah tersedia beberapa tipe cottage. Cottage yang paling terkenal di pulau ini adalah Cottage Tipe Sunset Hut, yang menawarkan pemandangan sunset dari balkon-nya.

BACA JUGA: 13+ Tempat Instagramable di Jakarta (Tempat Hunting Foto di Jakarta)

#15. Pulau Onrust

Pulau terindah di Kepulauan Seribu yang harus kamu ketahui yang terakhir yaitu Pulau Onrust. Kurang lebih sama dengan Pulau Bidadari, Pulau Onrust ini juga cukup banyak menyimpan catatan sejarah.

Salah satu buktinya adalah adanya sebuah benteng bersejarah di pulau ini. Dimana, benteng bersejarah tersebut merupakan salah satu bangunan peninggalan bangsa Belanda ketika mereka menjajah bangsa Indonesia.

Kini, benteng bersejarah tersebut sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang bisa dikunjungi wisatawan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa pulau terindah di Kepulauan Seribu yang harus diketahui, khususnya bagi warga Kota Jakarta dan sekitarnya. Semoga artikel yang dirangkum oleh wowasiknya.com ini bermamfaat, dan jangan lupa share/bagikan ke sosial mediamu, terima kasih!!.